05 July 2008

Bambang Haryanto: Bali Ndeso Mbangun Blog

Jika Bibit Waluyo "Bali Ndeso Mbangun Deso", maka Bambang Haryanto "Bali Ndeso Mbangun Blog". Dari kota kecil Wonogiri Bambang merekam jejak hidupnya.


Menjelang akhir Desember 2005, Bambang Haryanto (BH) menerima email dari Verdi Amaranto. “Ketika saya ketik nama adik saya, Widhiana Laneza, google.com memberikan blog Anda, 'Buka Buka Beha', dan saya melihat nama adik saya termasuk dalam list wanita-wanita terindah Anda. Saya hanya ingin memberi tahu bahwa adik saya telah berpulang ke pangkuan Allah SWT pada hari Selasa, tanggal 20 Desember 2005, 3 hari setelah pernikahannya.”

BH sangat terpukul menerima kabar itu. Anez—panggilan akrab BH kepada Widhiana Laneza—dan BH pernah menjalin hubungan khusus di masalalu. Selain Anez, ada Riaty (Cresenthya Hartati). Kedua perempuan ini membuat BH begitu terkesan.

Dari pengakuan Anez dan Riaty kepada BH sewaktu masih pacaran, mereka mengidap asma. Ironisnya, baik Anez juga Riaty memelihara anjing di rumahnya. Diperparah lagi, saat itu BH masih menjadi perokok berat. Hingga suatu hari Riaty mengingatkannya: “Aku pengin Mas Hari sehat-sehat. Juga bisa berumur panjang”, katanya lembut.

Dalam episode kehidupan selanjutnya, BH terbaring di rumah sakit. Oleh dokter dia disarankan agar berhenti merokok. BH akhirnya benar-benar meninggalkan kebiasaan buruknya, menghisap nikotin yang setiap saat bisa menyerang kesehatan dan juga membahayakan hidupnya.

Untuk mengenang Anez dan juga Riaty, BH meluncurkan sebuah blog yang mengupas seputar topik asma. Blog itu tak membahas kajian asma dari sisi medis, tapi berisi cerita pengalalaman yang dialami pemilik blog dengan sejumlah penderita asma.

Sehari-hari BH sekarang tinggal di kota Wonogiri, sebuah kota kecil terletak sekitar 35 kilometer ke arah selatan dari kota Solo. Sebelumnya mantan mahasiswa Jurusan Arkeologi FSUI, 1982, itu pernah bekerja di ibu kota selama beberapa tahun sebagai konsultan komunikasi.

Sesekali ia menyempatkan berjalan pagi menyusuri sudut-sudut Kota Wonogiri dengan berjalan tanpa alas kaki sambil membawa radio. Cerita hasil jalan-jalan pagi itu dihimpun dalam blog The Morning Walker.

Meski bagi sebagian orang radio sudah ditinggalkan, tapi tidak untuk seorang BH. Baginya radio menjadi “gadget” istimewa karena dari sana ia bisa menikmati siaran BBC yang direlai oleh stasiun radio lokal di sekitar tempat tinggalnya. Ini pula yang membuat saya terkesan, meski ia tinggal di kota kecil, semangatnya untuk tetap mengupdate perkembangan informasi tak padam.

Bahkan internet bukan hal yang asing seperti kebanyakan mereka yang tinggal di daerah. Buktinya ia masih sempat menulis di blog. Beberapa blognya yang masih diupdate antara lain Komedikus Erektus, Esai Epistoholica, Suporter Indonesia dan The Moring Walker. Di luar yang saya sebutkan, masih ada beberapa blog yang dikelola oleh BH. Direktori blog yang ia kelola dihimpun dalam blog “Buka Buka Beha” (http://bukabeha.blogspot.com).

Di dunia offline, BH lebih dikenal sebagai pendiri dan sekaligus promotor komunitas Epistoholik Indonesia, yang maniak mengirim surat pembaca ke berbagai surat kabar hingga akhirnya komunitas ini dicatat oleh Muri.

BH adalah sekian dari sedikit orang yang punya ide besar dan terus memikirkan dunia yang begitu luas ini justru ketika ia pulang ke kampung halamannya, sebuah kota kecil bernama Wonogiri.

Tak banyak orang memilih menempuh jalan hidup seperti itu. Mengutip ucapan Oscar Wilde (1854-1900), dramawan dan penyair Inggris-Irlandia: "Anybody can make history. Only a great man can write it" (Semua orang bisa menorehkan sejarah. Hanya orang besar saja yang mampu menuliskannya) maka hanya "orang besar" saja yang mampu melakukannya.

Tulisan yang masih berkaitan:



12 comments:

  1. Jangan pernah berhenti melambungkan impian mu
    Ya kesan itu selalu tertangkap jika saya berdialog lewat media apapun dengan beliau. Mungkin sebagian blogger sudah tahu atau bahkan lebih mengenal nya di bandingkan saya. Akan tetapi ijinkan saya untuk menuliskan sedikit yang saya ketahui tentang beliau.
    Keinginan Untuk Memindahkan Himalaya lewat surat pembaca
    Bambang Haryanto atau lebih mempopulerkan namanya sendiri dengan akronim BH ataupun BeHa. 24 Agustus 1953 disalah satu rumah sakit swasta di solo dilahirkan. Akan tetapi BH(demikian saya menyebutnya) lebih bangga kalau di sebut WNA (Wonogiri Asli) dari pada menyebutnya wong solo. Ya di sebuah pelosok kota kecil yang terkenal dengan waduk Gajah Mungkurnya itu sosok itu terus berkreasi menuai prestasi, tercatat berbagai macam prestasi berhasil beliau raih, antara lain memenangkan kontes The Power of Dreams Contest 2002 yang diadakan Honda. Beliau menulis esai berjudul, “The Power Of Dreams : Revolusi Mengubah Budaya Suporter Sepakbola Yang Destruktif Menjadi Penghibur Kolosal Yang Atraktif.” Dalam kontes mengenai kedigdayaan impian itu BH menjual impian merevolusi perilaku suporter sepakbola kita yang destruktif dengan mengubahnya menjadi konser suporter yang menyajikan koor dan koreografi, sehingga menjadi atraksi menarik tersendiri dari totalitas pemanggungan teater sepakbola. Dan dari kemenangan itu di buatkan sebuah film dokurama yang ditayangkan di TransTV, 29 Juli 2002. Selain itu, BH juga memenangkan Juara Harapan I Kategori Kelompok Umum dalam lomba karya tulis Teknologi Telekomunikasi dan Informasi (LKT3I) III/1999 yang juga didukung oleh Harian Kompas, Republika, Gatra dan LIPI. Dan Pemenang Mandom Resolution Award 2004. Mandom Resolution Award (MRA) merupakan bentuk corporate social responsibility dari PT Mandom Indonesia Tbk dalam menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan dan kemajuan masyarakat

    Kampanye Menulis Lewat Blog
    Epito Ergo sum (kami menulis surat pembaca maka kami ada) sebuah plesetan dari cogito ergo sum, saya berpikir karena saya ada, dari filsuf dan matematikawan Perancis, Rene Descartes, 1596–1650 selalu di jadikan motto beliau. Dan media blog menurut beliau adalah media yang sangat mumpuni untuk menciptakan dan menuang kan gagasan kita. Maka wajar bila BH memiliki belasan blog dengan topik yang berbeda disetiap blognya. Bagi pemegang 2 rekor MURI ini (pencetus ephistolik indonesia komunitas jaringan para penulis surat pembaca, dan pencetus hari suporter 12 juli) media internet adalah media yang memungkinkan bertemunya seseorang dari belahan dunia manapun dengan kita. BH sudah memulia ritus nge blog nya selain ritus jalan kaki nya sejak 22 Juli 2003 untuk ngeblog dan 1989 untuk jalan kaki. Jauh sebelum kita berpikir bahwa blog adalah media komunikasi yang mumpuni. Berbagai macam blog beliau sangat bisa menjadi rujukan untuk kita yang hobi menulis. Dalam setiap email beliaupun selalu memberi pesan agar tidak pernah berhenti menulis. Dimanapun dan kapan pun. Dan hal itu yang mendorong saya untuk sedikit berbagi dengan rekan rekan ayongeblog.

    Terlahir Untuk Sukses
    Bersama sang adik yang juga bukan orang “sembarangan” BH selalu punya ide menarik untuk mempromosikan karya karya nya. Mayor Haristanto (http://entah1982.blogspot.com/2008/03/profil-minggu-ini-mayor-haristanto.html) demikian nama adik beliau. Dan sering kami sebut dengan panggilan Mayor. Nama mayor sudah bukan nama asing lagi bagi publik solo dan sekitar nya. (lagi–lagi) Pemegang 12 Rekor MURI ini yang antara lain (Memprakarsai kelahiran komunitas-komunitas suporter, penghargaan itu diperolehnya karena menggagas karangan bunga terbanyak pengucapnya, tim kampanye artis yang dipilih lewat SMS terbanyak, dan menumbangkan rekor karangan bunga terbanyak pengucap sebelumnya). juga mempunyai banyak karya yang ditujukan untuk kembali meretas indahnya sebuah kerukunan di bawah bendera republik aeng – aeng nya (http://aengaeng.blogspot.com/) Lewat wadah yang didirikannya itu dia terus berkreasi, mewujudkan hal-hal yang mungkin terdengar mustahil. Stadion, lapangan, sawah, jalan, bahkan pasar menjadi tempatnya berkarya. Aeng Aeng sendiri bermakna nganeh-nganehi, unik yang positif. dengan sinikal Mayor menyebutnya OTB, organisasi tanpa bentuk. Republik Aeng Aeng memang tak memiliki struktur dan tak punya anggaran dasar. Bukan yayasan atau pun paguyuban. semua kemajuan di dunia tergantung kepada mereka-mereka yang tidak punya nalar demikian prinsip mayor yang diambil dari pengarang drama Irlandia, pemenang Hadiah Nobel Sastra, George Bernard Shaw. Selain mayor BH juga beradikkan Broto Happy salah satu wartawan senior di tabliod olah raga BOLA. Akan tetapi itu semua tidak membuat BH besar kepala dan memanfaatkan untuk menjadi “Orang Besar” alumni UI Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra ini tetap memilih kota kecil di Jawa Tengah ini untuk terus berkarya lewat tulisan. Dan terus melucu ( karena BH sempat tercatat sebagai orang yang sangat aktif menulis tentang dunia perkomedian indonesia, beliau juga sempat mencicipi Audisi Pelawak yang dilakukan salah satu televisi swasta)

    Ketika Karya Besar Itu Muncul Dari Kota Kecil.

    Anda ingat kalau Borobudur tidak masuk dalam 7 keajaiban dunia yang baru, yang diumumkan pada 07-07-07 tahun lalu. Apakah anda juga tahu kalau The New7Wonders Foundation (http://www.natural7wonders.com./) lembaga yang mengadakan jajak pendapat tahun kemarin kembali mengadakan jajak pendapat tentang Tujuh Keajaiban Alam Baru Dunia dan sepertinya pemerinah kita tidak pernah peduli dengan hal ini. Deadline penutupan polling itu tinggal sebentar 08-08-08. Sudah kah anda ikut menominasikan nya? Kedua Manusia Aneh tadi membuat kan sebuah situs sebagai “teriakan” mereka diantara gemuruh modernitas yang terus menggerus peradaban bangsa ini. Teriakan dalam sepi yang coba saya sebarkan sedikit yang saya tahu ini kepada rekan – rekan ayo ngeblog. Buat rekan yang masih peduli dengan polling tadi bisa di kunjungi situs ini http://7indonesia.blogspot.com/.

    Sebuah info yang baru saya dapatkan tadi siang. Sebuah pesta akbar Solo Cyberholic Day ! http://solocybercity.blogspot.com/ Pesta kaum netter Solo untuk memulai revolusi dunia maya, menjadikan Solo sebagai Cyber City, akan berlangsung tanggal 30 Juli 2008. Bertempat di Cyty Walk, mulai jam 15.00. Bekerjasama antara Pemkot Solo, Apkomindo, Speedy dan Republik Aeng Aeng, di arena tersebut disediakan sarana hotspot untuk akses Internet secara gratis. Bahkan berhadiah 2 laptop. Pada momen tersebut akan dicanangkan 30 Juli sebagai Solo Cyberholic Day. Inilah awal revolusi baru di Solo. Sebuah ide yang bukan hanya gila tapi juga cerdas. Dan kemungkinan ini akan menambah pundi pundi rekor MURI nya Mayor.

    Menikmati karya beliau membuat kita semakin semangat dan akan memakan waktu yang lama untuk membacanya dengan tuntas (tapi tidak akan bosan) di jamin.
    Dan berikut adalah kumpulan blog beliau
    1. Blog Direktori beliau (http://bukabeha.blogspot.com/)
    2. Blog tentang kumpulan surat membaca BH (http://beha.blogspot.com/)
    3. Blognya tentang kampanye anti rokok (http://bubar.blogspot.com/)
    4. Blog tentang Epistoholik (surat pembaca) (http://episto.blogspot.com/)
    5. Blog tentang warga epistoholik Indonesia (http://warei.blogspot.com/)
    6. Lagi lagi blog tentang tulisan epistoholik (http://esaiei.blogspot.com/)
    7. Blog tentang dunia komedi(http://komedian.blogspot.com/)
    8. Perpustakaan mini BH (http://kutubukuku.blogspot.com/)
    9. Kamus istilah dalam epistoholik (http://lingepi.blogspot.com/)
    10. serba serbi surat pembaca (http://serbaserbi.blogspot.com/)
    11. Wanita terindah BH (http://song4anez.blogspot.com/)
    12. Suporter Indonesia (http://suporter.blogspot.com/)
    13. Tentang seluk beluk pencari kerja (http://aanp.blogspot.com/)
    14. Trah keluarga martowiono (http://trah.blogspot.com/)
    15. Lagu lagu carpenter dalam hidup BH (http://undagi.blogspot.com/)
    16. Ritus jalan pagi BH (http://wonogirinews24.blogspot.com/)


    BLOG yang sudah tidak aktif
    17. Kampanye amien Rais (http://amienrais.blogspot.com/)
    18. Dedikasi untuk korban bencana (http://empati.blogspot.com/)
    19. Kumpulan puisi anak-anak solo di media lokal (http://poetrysolo.blogspot.com/)

    Selain belasan blog diatas BH juga masih punya blog yang lain yang mungkin saya lupa menyebutnya, atau memang tidak tahu kalau blog itu karya BH karena baru saja saya menemukan sebuah profil blogger (http://www.blogger.com/profile/03226412105125523563) yang isinya ada berbagai macam blog dan saya yakin itu adalah “buah tangan” BH.

    Demikian sekelumit tentang sosok BH, sebuah inspirasi, mutiara, guru besar demikian saya menyebutnya. dan semoga ini bukan sebuah chauvinisme saya terhadap BH. Semuanya yang saya tulis semoga masih dalam koridor biografi biasa. Pasti banyak kekurangan dari tulisan ini tentang BH tapi setidaknya ini adalah kunci untuk masuk mengenal BH lewat karya karya nya. Dan semoga bisa mengispirasi untuk kita untuk tetap terus menulis dan berarya terutama untuk ngeblog.

    Salam
    Arista Budiyono
    Pengelola www.pasoepati.co.cc

    ReplyDelete
  2. Yth Pak Udin,
    salam kenal dari tonggo dewe, saya andi, juga di semarang.

    Blognya kreatif banget, banyak ngulas hal dari sudut lain... out of the box.. sukses, pak!!

    ReplyDelete
  3. @aris: bh memang punya ide-ide besar, bacaan dan perhatiannya akan berbagai topik di atas rata-rata, bahkan sampe hal2 yang sepele. ia tekun mencatat, dan terlebih ia melakukannya degan tulus, sekalipun hanya sedikit yang membaca, apalagi mendengarkannya. ia punya semangat yang berlebih.

    @andi: salam kenal kembali pak dokter. wah kebetulan banget nih. kapan2 saya ikutan konsultasi ya. saya juga butuh tips2 jitu. hehe

    Udin

    ReplyDelete
  4. hai Mas, piye kabare? slmt ya, atas kemerdekaannya dr pembantu umum HW he3...
    skripsi lancar kan? cepetan dong, jgn terlalu cinta ma kampus.salam dr provinsi sebelah...

    ReplyDelete
  5. Mas, da kabar buruk...komputer Eka hilang.baru sj hilang siang ini.

    ReplyDelete
  6. Nice site you have here..
    Thanks for the info..I'll use this a lot

    ReplyDelete
  7. ya. ya. mas BH seorang yang produktif. ada beberapa hal yang saya ingin tahu.

    dalam profil di salah satu blognya, mas BH menyebut alumnus ilmu perpustakaan UI. tapi mas udin menyebut arkeologi UI. gak masalah, tapi akurasi ini mungkin perlu untuk mempertegas 'latar belakang' mas BH 'kok bisa nyentrik', he-he-he.

    aktivitas mas BH selama ini disebut sebagai epistoholik, kemudian blogger. sehari2, kesibukannya apa ya. bial ternayata mas BH sibuk, kita tentu mendapat inspirasi. yang sibuk saja masih sempat menulis surat pembaca dan mengelola beberapa blog....

    salam kenal.

    ReplyDelete
  8. salam kenal mas blog yang menarik sukses selalu

    ReplyDelete
  9. salamkenal, kemana menghilang mas ? hehehe

    ReplyDelete