17 January 2008

Perseteruan yang Memicu Proses Kreatif

Mulan Kwok kini berganti nama Mulan Jameela. Jamilah dari bahasa Arab yang berarti cantik atau bisa juga seksi. Mulan Jameela=Mulan Seksi. Dalam album barunya yang bertajuk ”Makhluk Tuhan Paling Seksi” janda beranak dua ini memang makin seksi saja.

Saya mengira karir Mulan akan meredup setelah ia keluar dari duo Ratu. Rupanya prediksi saya salah besar. Karir Mulan di dunia musik dan hiburan makin bersinar.

Tapi sebentar dulu. Bukankah di balik nama Mulan Jameela ini ada nama besar sang Dewa? Baiklah. Simak grundelan dan wawancara imajiner dari seorang pengagum perempuan seksi berikut ini:

Mulan, setelah sebelumnya kau jatuh dipelukan Dewi Maia, kini kau terpukau dalam pelukan sang Dewa Dhani. Untuk kedua kalinya, kau dijadikan obyek obral keseksian.

Predikat seksi sepertinya memang menarik sekali. Siapa yang mendengarnya, apalagi dibumbui suaramu yang seksi itu, bikin seisi dada makin berdebar. Mengundang rasa berahi, seperti definisi yang kutemukan dalam kamus KBBI.


Benarkah kau dicipta oleh sang Dewa untuk membangkitkan rasa birahi?


Maaf kalau selera seniku masih rendah sehingga tak bisa menjangkau keindahan spiritual seperti yang diinginkan oleh sang Dewa. Aroma musik timur tengah yang setengah ngerok itu, tak bisa kurasakan seperti yang kutemukan dalam kasidah nasidaria, tapi lebih terasa sebagai musik pengiring penari perut di jazirah padang pasir sana.


Ah sudahlah, Mulan. Kau memang seksi. Lebih seksi dari sang Dewi yang sekarang sepertinya lagi patah hati terus daripada frustasi akhirnya bikin lagu tandingan “Emang Gue Pikiran” yang menyewa vokalis dengan suara yang tak kalah seksi darimu.


Hmm… kok selera sang Dewi serasa dengan selera sang Dewa ya? Keduanya sama-sama menggemari suara-suara seksi. Bedanya, satunya diminta memerankan karakter yang cuek, satunya narsis. Tapi sebenarnya keduanya sama saja: butuh perhatian, satu sama lain sedang mencari perhatian. Mulan dan May Chan jadi senjatanya.


Hush…emang siapa yang sedang mencari perhatian? Jadi bukan mbak Mulan yang seksi itu tho?


Dewi: Ya nggak lah. Mulan, itu kan cuma jadi umpan. Itu akal-akalan Dhani saja untuk mencuri perhatianku. Pujian seksi itu kan dibuat oleh Dhani sendiri yang dibawakan lewat suara seksi Mulan yang sebenarnya ditujukan untuk memuji Dhani yang mengaku bisa membuat perempuan jadi merasa lebih seksi. Kalian pernah dengar kan kalau dia bilang sebenarnya masih sayang sama aku. Bagaimanapun, aku ini di mata dia masih lebih seksi dibanding perempuan mana pun.


Jadi benar apa yang dikatakan mbak Dewi. Gimana tanggapan mas Dewa?


Dewa: Haha… terserah Maia lah mau bilang apa. Emang gua pikirin.
Nah, jadi mana yang benar. Siapa yang lebih seksi, Maia atau Mulan?

cut here----Gerundelan plus wawancara imajiner dipotong sampai di sini----cut here

Bagi sang Dewa, masalah rumah tangganya dengan sang Dewi bisa saja dijalaninya secara ringan-ringan saja seperti tak ada beban. Atau malahan ia justru berusaha menikmatinya karena dari sana masalah justru menjadi berkah untuk melahirkan hits-hits barunya. Ibaratnya begini, ah mumpung lagi ada masalah. Sekalian saja, daripada nunggu datangnya masalah, repot juga kan kalau harus membikin masalah.

Lewat lagu “Munajat Cinta” dan “Kamu adalah surgaku” terasa sekali perasaan Dhani yang lembut, yang perhatian, yang mudah tersentuh, yang semuanya ini jauh dari kesan yang kita peroleh dari pembawaannya dalam sehari-hari di depan publik.

Di sisi lain, sang Dewi, Maia pun tak kalah bersaing. Jatuh untuk kedua kalinya tentu bukan hal yang mudah bagi orang kebanyakan untuk kembali bangkit. Apalagi kini Mulan malah tampak lengket dengan sang Dewa. Tapi Maia mampu menunjukkan kemampuannya sebagai seorang komposer yang sama seperti sang Dewa, mencuri ide dari masalah yang dialaminya lewat hits baru andalannya "Emang Gua Pikiran".

Kita kerap dibuat kalangkabut ketika sedang dirundung masalah. Mestinya, belajar dari kasus Dhani dan Maia, masalah justru bisa melahirkan karya. Karya yang ampuh konon justru lahir dari sebuah kesulitan atau masalah besar yang menimpa penciptanya.

Jika anda penulis, anda punya masalah hingga sampai mau bunuh diri, wah itu investasi yang amat berharga. Masalah anda itu bisa diolah menjadi sebuah cerita yang lebih dahsyat.

Lalu bagaimana jika hidup kita serasa tak ada masalah, everything is okay?

Hah nggak mungkin. Orang hidup itu pasti punya masalah. Kita akan selesai dari masalah hidup kalau nyawa kita dicabut. Sebenarnya bukan mencari-cari masalah itu ada atau tidak, tapi bagaimana kita terbiasa mendekatkan imajinasi dengan bermacam-macam masalah. Jadilah cerita, jadilah karya.

Kembali ke Mulan, Maia dan Dhani. Diluar kesuksesasan Maia dan Dhani, Mulan memang tetap seksi. Tapi entah sampai kapan keseksian itu akan bertahan. Dalam episode selanjutnya kita tak tahu apa yang dimaui sang Dewa dan Dewi.

Tulisan yang masih berkaitan:



7 comments:

  1. betul, din. sebenarnya kasian juga ma mulan. kalau sampai dani mbalik ke maia, berarti kau ada kesempatan kan...

    udin ngefans sama Mulan, wakakak ketahuan seleramu... ron**

    gini din. mulan, kutunggu jandamu...

    -baladewa-

    ReplyDelete
  2. Wakakaka buat baladewa (atas). Mulan khan emank dah janda.

    Mas Udin sekarang tergantung sampeyan milih dua janda cantik si Mulan atau Si Maia ? Kalau Mulan bonusnya 2 (baca: anaknya mulan)
    Tapi kalau Maia, bonusnya 3 lho.

    ReplyDelete
  3. Kata Dhani: "Aku punya teman... ah ah ah.... teman 'sepermainan'.... namanya mulan."

    ReplyDelete
  4. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

    http://www.lintasberita.com/Lokal/Perseteruan_yang_Memicu_Proses_Kreatif/

    ReplyDelete
  5. bagi saya, mulan dan dhani itu menandakan makin bergantungnya artis2 kita pada produser yg pnya duit hingga mesti rela mengorbankan hal2 yg bagi bnyk orang esensial

    ReplyDelete
  6. sekarang karir mulan meredup tuh, waktu lah yg membuktikan. skrg ga ada prestasi musik mulan lagi, yang ada hanya eksploitasi anaknya sapia. Maia meski karir musik juga agak biasa, tapi te2p lebih bersinar, dan lebih bersinar sebagai business women. Waktulah yg membuktikan.

    ReplyDelete
  7. Meskipun karir mulan sudah redup sekarang tapi Buat fans mulan yg punya instagram follow ya @mulanjameelauqeen di facebook juga like ya mulanjameelaqueen kalau memang fans sejati hehehe.

    ReplyDelete