18 March 2007

Optimasi Judul Blogger di Search Engine

Dari mana pengunjung blog anda datang? Salah satunya, tentu saja dari mesin pencari (search engine). Bila anda belum yakin apakah blog anda telah terindeks di mesin pencari, daftarkan blog anda sekarang di Google, Yahoo, MSN.

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan tips untuk memaksimalkan isi blog di mesin pencari dari Ikhwan Sopa, salah seorang blogger yang konsen dengan masalah motivasi dan leaderships. Dengan tips ini isi blog anda akan tampil di mesin pencari secara lebih menarik melalui penampilan judul posting kita di mesin pencari. Saya sudah membuktikannya sendiri. Dan hasilnya memang mengesankan! Menarik bukan?

Sebagai ilustrasi, seorang yang memasukkan kata "mahasiswa" di Google akan ditampilkan beberapa list situs yang mengandung kata kunci tersebut. Pada link mesin pencari yang tertuju ke blog saya akan tampil "Mengenal Wartawan Mahasiswa-Muhamad Sulhanudin", "Menilik Eksistensi Pers Mahasiswa-Muhamad Sulhanudin", "Gerakan Mahasiswa di Simpang jalan-Muhamad Sulhanudin".

Pada list yang ditampilkan google itu ditampilkan posting blog saya yang di dalamnya terdapat kata mahasiswa. Lebih bagus lagi, kalau salah satu judl posting terdapat kata mahasiswa. Kemudian google akan menampilkannya dengan struktur seperti di ilustrasi tersebut: "Judul-Title blog".

Dengan struktur tampilan ini, seorang yang tengah mencari di mesin pencari akan tertarik untuk menuju ke blog kita. Bayangkan, jika dalam satu kata kunci saja google manampilkan 10 halaman situs yang direkomendasikan, dan tiap halaman memuat 10 alamat situs. Belum lagi, tidak semua halaman akan di baca. Bila tahu demikian, ya lumayan tips ini bisa meningkatkan traffic ke blog anda. Apa sih yang lebih berharga dari aktivitas blogging, kecuali jika blog kita dibaca oleh orang lain....

*Tips selengkapnya, di sini


Tulisan yang masih berkaitan:



No comments:

Post a Comment